Tips Memotivasi Anak Agar Mau Belajar

Berbicara mengenai teori tips motivasi agar anak mau belajar tentunya dapat dikatakan cukup mudah. Anda harus memberikan dorongan kuat agar anak bersedia untuk belajar tanpa adanya paksaan. Namun dorongan seperti apa yang kiranya dapat diberikan pada anak?
Dibawah ini merupakan beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan ketika ingin mencoba memotivasi anak dalam hal belajar.

Tips Memotivasi Anak Agar Mau Belajar_1
Tips Memotivasi Anak Agar Mau Belajar

Memberikan insentif ketika anak bersedia belajar
Insentif yang dimaksudkan di sini memang tidak melulu harus berbentuk materi, namun Anda juga bisa memberikan perhatian dan penghargaan. Cobalah untuk memuji anak ketika sudah mau belajar tanpa harus Anda suruh atau paksa. Meskipun peristiwa semacam ini sangat jarang terjadi, akan tetapi ketika terjadi Anda harus memperhatikan dan juga menunjukkan bahwa hal tersebut dapat menjadi insentif yang sangat berharga bagi anak. Pujian bukan hanya insenti di dalam bentuk langsung, namun hal ini turut menunjukkan bahwa Anda memberikan perhatian dan penghargaan sebagai orang tua.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Nakal

Tidak jarang anak sering merasa haus perhatian atau senang dipuji. Terlebih lagi ketika kedua orang tuanya memiliki banyak kesibukan. Jadi dibanding dengan memberi perhatian hanya di saat anak sedang malas belajar dengan memarahinya, tidak memberikan respons apapun ketika anak mau belajar tanpa perlu disuruh, hanya melontarkan komentar singkat tanpa adanya rasa hangat, akan jauh lebih efektif lagi jika Anda memberikan perhatian yang diarahkan terhadap berbagai perilaku baik dari anak.

Baca Juga  Pentingnya Makan Malam Bersama Keluarga

Menjelaskan pada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti
Jelaskan perlahan-lahan pada anak bahwa belajar merupakan hal yang sangat penting dan juga bermanfaat bagi anak. Bukan hanya sebatas agar raport anak tidak merah, namun misalnya saja seperti dengan mengatakan “Kalau ade lebih rajin belajar, nanti akan menjadi pintar. Anak pintar itu bisa menang kalau ikut kuis di tv loh sayang. Dapat hadiah yang banyak. Karena anak pintar bisa menjawab semua pertanyaannya.”

Sering memberikan pertanyaan ringan seputar pelajaran sekolahnya
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan ringan yang diajarkan di sekolah anak (bukan bertujuan untuk mengetes anak), misalnya saja bisa dilakukan sambil menonton kuis di tv atau Anda yang mengerjakan tts akan menjadi tips yang sangat menarik. Jangan lupa untuk memuji anak saat dia berhasil menjawab dan sanjung kepintarannya sebagai bentuk dari hasil belajarnya. Namun saat anak gagal menjawab Anda bisa sedikit menunjukkan rasa kecewa dan sedikit melontarkan kata-kata motivasi agar anak belajar lebih giat lagi agar dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Baca juga : Cara Memarahi Anak Yang Baik

Gunakan metode learning by doing
Tidak sedikit lembaga bimbingan belajar atau lembaga pendidikan anak mengajarkan metode learning by doing dengan tujuan agar anak mampu mengasosiasikan belajar menjadi kegiatan yang paling menyenangkan. Namun untuk anak SD seringkali hal ini lebih sulit dilakukan, sebab mereka sudah harus mulai mempelajari lebih banyak pelajaran dengan menghafal. Lantas apa ada cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah semacam ini?

Baca Juga  Cara Mengatasi Anak Nakal

Untuk kondisi semacam ini, minimal Anda dapat melakukan pengaturan suasana belajar. Ketika setiap kali pembicaraan tentang belajar hanya berakhir dengan berbagai macam omelan, tentu anak akan mengasosiasikan bahwa  belajar merupakan momen yang tidak menyenangkan. Jadi besar kemungkinan anak akan sangat menghindarinya. Oleh karena itu Anda harus cerdas dan lihai dalam menggunakan metode tips motivasi agar anak mau belajar tanpa perlu memahari anak sepanjang waktu saat tidak mau belajar. Sebab adakalanya Anda harus introspeksi untuk menangani hal yang demikian.

Facebook Comments