Telah banyak pakar psikologi yang memberikan anjuran mengenai pentingnya makan malam bersama keluarga, akan tetapi mungkin Anda perlu mengingat kembali alasan dari penekanan tersebut. Salah satunya kebiasaan anak makan di depan televisi yang perlu dihentikan ketika menginjak usia 5 tahun. Termasuk juga mengajarkan pada anak untuk menggunakan wc maupun tidak lagi mengenakan popok bayi.

Apakah pentingnya makan malam bersama keluarga?

Bukan hanya pada anak, makan malam sendiri dinilai penting dengan alasan yang mengacu kepada keseharian aktivitas kerja masyarakat perkotaan yang terlalu padat. Dimana waktu untuk berkumpul bersama keluarga juga tergolong sangat sulit untuk didapatkan. Lantas apa saja manfaat yang didapatkan dari kebiasaan makan malam bersama dengan keluarga?

Menjadi momen pereda stres
Bagi Anda yang memiliki pekerjaan berat, percaya atau tidak mencari waktu untuk sebatas melakukan
makan malam bersama dengan keluarga mampu menjadikan stres yang sempat melanda Anda semakin berkurang. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti Brigham Young University pada tahun 2008 yang melakukan studi terhadap para pekerja dan menemukan adanya bukti jika makan malam bersama dengan keluarga membantu mengurangi terjadinya ketegangan akibat stres yang menimpa pekerja kantor.

Kesempatan memberikan perhatian pada keluarga
Dengan menyempatkan diri duduk bersama di meja makan memberikan kesempatan seluruh keluarga terbiasa berbincang-bincang dan saling memberikan perhatian mengenai apa saja yang telah terjadi selama seharian itu. Terutama para orang tua yang mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan mengenai aktivitas anak-anak di sekolah maupun di luar sekolah. Dapat juga saling berbagi cerita dengan pasangan dan anak-anak. Dengan demikian keharmonisan rumah tangga akan senantiasa terjaga. Suasana hangat antara satu anggota keluarga dengan yang lainnya selalu terasa di dalam rumah. Namun penting untuk diingat bahwa jangan pernah mengecam, mencela maupun mengkritik sehingga tidak merusak selera makan dan suasana nyaman keluarga.

Baca Juga  Tips Memotivasi Anak Agar Mau Belajar

Momen mendidik dengan lebih santai
Makan malam memberikan Anda kesempatan untuk mendidik atau mengajar anak-anak bertindak lebih sopan santun selama berada di meja makan, misalnya dengan tidak berbicara ketika mulut masih penuh makanan, jangan membunyikan mulut ketika sedang mengunyah dan tata cara menggunakan berbagai alat makan dengan benar. Bukan  hanya itu, orang tua bahkan dapat mendidik anak-anak berbagai hal lain yang sesuai dengan apa yang sedang dibicarakan di meja makan. Dapat dikatakan bahwa ini menjadi momen melatih kebiasaan table manner.

Membiasakan pola makan sehat dan teratur
Sebuah studi University of Illinois menyatakan bahwa remaja dan anak-anak yang telah terbiasa makan malam bersama dengan keluarga cenderung memiliki kebiasaan makan teratur dan sehat, dengan demikian jarang dari anak-anak tersebut yang menderita masalah pencernaan atau gangguan makan.

Pandai bersosialisasi dan berkomunikasi
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Universitas Harvard, kebiasaan makan malam bersama keluarga turut memainkan peranan lebih penting dibandingkan dengan bermain maupun aktivitas bersama dengan anggota keluarga yang lainnya terkait kemampuan bersosialisasi dan perkembangan kosakata anak. Pembicaraan yang terjadi di meja makan berperan memberikan pelajaran yang sesungguhnya bagi anak mengenai tata cara dalam berbicara dan berinteraksi yang baik dengan sesama.
Jadi, banyak manfaat bagi orang tua bekerja dan anak-anak saat menjalani makan malam bersama keluarga bukan? Bukan hanya semakin mempererat hubungan sesama anggota keluarga dan meringankan penat setelah melakukan aktivitas sehari-hari, makan malam juga sangat penting dalam mendukung perkembangan anak. Maka segera luangkan waktu untuk makan malam bersama keluarga.

Facebook Comments