Mengolah Bakso Ayam Menjadi Sop Bakso Ayam

Bakso ayam adalah salah satu makanan andalan masyarakat Indonesia. Bakso ayam ini sangat terkenal dengan rasanya yang khas dan kelembutan daging ayamnya. Berbentuk bundar dengan warna yang cenderung pucat serta memiliki cita rasa yang cukup gurih dan lembut di lidah. Pada sebagian masyarakat bakso ayam ini disebut juga sebagai pentol bakso, walaupun sebenarnya pentol bakso ini juga mewakili bakso yang dibuat dari bahan daging sapi. Biasanya bakso ayam ini menjadi pelengkap bagi hidangan jajanan bakso atau bisa juga sebagai pelengkap saat memakan jenis makanan lain.

Bakso ayam jika dipadukan dengan jenis masakan lainnya biasanya hanya menjadi pelengkap saja seperti halnya irisan bakso ayam pada mie kuah, tumisan atau makanan capcay.
Bakso ayam pada jajanan bakso rasanya sudah biasa dan sudah terlalu sering dikonsumsi. Sehingga bermunculanlah variasi masakan yang mengandung bakso ayam agar tidak bosan hanya dengan jenis jajanan bakso saja.

Selain itu olahan dari bakso ayam juga biasanya dibuat dengan memperhatikan kandungan kesehatannya. Seperti yang diketahui bahwa bakso ayam ini mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga olahan bakso ayam yang dibuat setidaknya bisa mengimbangi pasokan kalori tersebut. Salah satu olahan bakso ayam yang lezat dan sehat adalah sop bakso ayam. Bagi penggemar bakso ayam pastinya selalu ingin mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang berbau bakso ayam.

Baca Juga  3 Cara Menikmati Sosis Ayam

Olahan yang kreatif seperti sop bakso ayam bisa menjadi solusi untuk tetap menikmati bakso ayam sekaligus menjalankan hidup sehat. Selain itu sop bakso ayam ini terbilang masakan yang simpel dan mudah untuk dibuat, sama halnya seperti membuat sop lainnya. Untuk lebih amannya pula sebisa mungkin membuat bakso ayam sendiri, karena lebih menjamin dari segi kebersihan dan bahan-bahan digunakan.
Untuk mengolah sop bakso ayam ini bahan-bahan yang diperlukan adalah :

  • 5 buah bakso ayam (tergantung selera) dipotong menjadi 4 bagian
  • 3 buah wortel dipotong bulat-bulat
  • ½ ikat sawi di potong-potong
  • 3 buah kentang dipotong kotak-kotak
  • air secukupnya
  • daun bawang secukupnya
  • daun seledri secukupnya
  • merica bubuk
  • pala bubuk
  • garam
  • kaldu sapi

Sebelumnya haluskan bawang putih dan bawang merah secukupnya lalu tumis hingga mengeluarkan wanginya. Angkat dan biarkan dulu. Rebus air secukupnya hingga mendidih kemudian masukkan seledri dan daun bawang secukupnya. Masukkan sayuran keras dahulu seperti wortel, kentang dan juga bakso ayamnya. Tunggu sebentar kemudian disusul dengan memasukkan sawi, garam, merica, pala, bumbu halus yang telah ditumis dan kaldu ayam. Aduk kesemua bahan tersebut dan biarkan hingga matang.

Untuk menyedapkan rasanya bisa ditambah dengan taburan bawang goreng di atasnya.
Untuk campuran sayurannya sendiri bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, karena ada beberapa orang yang tidak suka dengan jenis sayur tertentu. Namun diutamakan untuk merebus sayur yang bertekstur keras terlebih dahulu agar cepat matang.

Baca Juga  Cara Masak Bakso Ayam Tiara Food

Kalau sayuran yang bertekstur lembut dimasukkan lebih dahulu maka akan terlalu layu dan kandungan gizinya bisa hilang. Sop bakso ayam ini bisa menjadi resep alternatif jika bosan dengan sayur sop yang itu-itu saja. Selain itu akan lebih menarik bagi anak kecil yang tidak terlalu menyukai sayur. Dengan adanya bakso ayam, setidaknya bisa menggugah selera mereka untuk menyantap sayur sop.

Bakso ayam yang praktis, lezat, sehat, dijamin tanpa MSG, tanpa bahan pengawet, bumbu rempah alami, dan aman dikonsumsi setiap hari, bisa anda dapatkan dari Tiara Food yang memproduksi bakso ayam yang sehat. Selengkapnya : KLIK DI SINI

Facebook Comments