Manfaat keju bagi kesehatan ada banyak sekali, meskipun rasa keju cenderung asin dan aneh bagi sebagian orang. Keju sendiri lebih cocok dimakan sebagai tambahan untuk makanan lain, seperti isian roti tawar, ditaburkan di atas donat, topping pizza hingga campuran bahan adonan kue kering. Karena kalau dikonsumsi dalam bentuk keju saja rasanya akan sangat asin dan menimbulkan sensasi eneg.

Keju merupakan hasil dari pengentalan dan pemisahan zat-zat tertentu dari susu, yang kemudian diolah sedemkian rupa hingga menghasilkan bentuk keju. Karena itu kandungan vitamin, mineral dan protein yang ada pada susu, bisa ditemukan pula di keju. Keju ini sangat bagus bagi pertumbuhan anak kecil, sama halnya dengan susu yang mendukung pertumbuhan tulang. Selain itu keju memiliki manfaat kesehatan bagi orang dewasa pula.

Manfaat Keju Bagi Kesehatan 2
Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Manfaat keju bagi kesehatan

Kandungan yang ada di dalam keju adalah vitamin A, B12, asam amino, selenium, fosfor, riboflavin dan mineral lainnya. Hal ini yang membuat keju baik bagi tumbuh kembang tubuh, terutama pada anak-anak dan remaja. Beberapa manfaat lain keju adalah :

1. Dapat menjaga kesehatan mata
Manfaat keju untuk kesehatan mata yaitu bisa mencegah penurunan fungsi makula yang nantinya bisa menyebabkan kebutaan. Biasanya gangguan ini menyerang daerah retina. Selain itu bagi anak kecil, vitamin A pada keju dapat mendorong pertumbuhan jaringan matanya.

Baca Juga  Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

2. Menjaga kesehatan gigi dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi
Kalsium dapat memperkuat gigi dan mencegahnya dari kekeroposan. Selain itu keju tidak terlalu banyak mengandung laktosa sehingga aman bagi kesehatan gigi.

3. Keju kaya akan vitamin B yang sangat bagus bagi pertumbuhan tubuh
Vitamin B ini yang akan menyerap dan mengantarkan kalsium ke seluruh tubuh.

4. Orang yang banyak memakan keju memiliki resiko kecil terkena kanker
Hal ini karena keju mengandung sphingolipids dan asam linoleic sehingga mencegah adanya sel-sel kanker yang akan tumbuh.

5. Jika ingin memiliki kulit yang bersinar maka perbanyak konsumsi keju
Vitamin B pada keju juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit dengan membuang sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Bahkan keju juga dianggap mampu mengurangi atau mencegah adanya flek hitam pada kulit.

6. Kalsium adalah zat yang paling berperan pada kesehatan tulang
Begitu pula kalsium pada keju yang jumlahnya sangat banyak.Manfaat keju untuk kesehatan tulang adalah dapat membantu pertumbuhan tulang bagi anak kecil, memberikan kepadatan tulang pada orang dewasa dan mencegah osteoporosis dini bagi orang tua.

7. Keju juga dapat mencegah penyakit seperti rasa pusing akibat anemia
Kandungan keju seperti zat besi bisa menambaha hemoglobin serta mengatur tekanan darah. Kalsium juga mengandung natrium yang penting bagi tubuh, karena kekurangan natrim ini bisa mengakibatkan rasa pusing dan berat badan yang turun.

Baca Juga  Usia Balita, Usia Kritis Untuk Mendapat Asupan Gizi Yang Cukup

8. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang memakan keju memiliki penurunan resiko terkena penyakit diabetes. Hal ini disebabkan adanya bakteri probiotik pada keju tersebut.

9. Jika mengalami penyakit susah tidur, maka disarankan untuk banyak mengkonsumsi keju. Kandungan triptofan atau asam amino akan merangsang penurunan stres dan menimbulkan rasa kantuk.

10. Selain manfaat keju untuk kesehatan, juga dapat digunakan sebagai diet sehat
Kandungan karbohidart dan kalori pada keju sangat kecil sehingga tidak akan menambah lemak, cocok untuk cemilan saat berdiet.

Manfaat keju bagi ibu hamil
Lalu bagaimana dengan manfaat keju bagi kesehatan ibu hamil ? Karena ada yang bilang keju aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan ada pula yang bilang sebaiknya jangan. Tentu jika dikonsumsi terlalu banyak keju bisa membawa dampak negatif bagi tubuh dan tidak hanya bagi ibu hamil saja. Namun, asalkan tahu takaran dan batasan asupan keju, maka keju tidak mengapa dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan bagus bagi pertumbuhan si janin.

Bermacam vitamin, protein, mineral serta lemak pada keju memiliki manfaat tersendiri bagi tumbuh kembang janin. Misalnya bagi pertumbuhan kulit, jaringan mata, tulang serta membentuk antibodi bagi tubuh sang janin. Namun untuk keju yang dikonsumsi ibu hamil ini harus dipilih juga. Lebih baik makan keju dari bahan susu pasteurisasi, bukan keju lunak seperti blue cheese. Sehingga baik ibu maupun janinnya bisa merasakan manfaat keju untuk kesehatan secara maksimal. 

Facebook Comments