Cara Mengatasi Nafsu Makan Anak Yang Berkurang

Anak-anak adalah usia pertumbuhan yang memiliki beragam cerita, bukan hanya karena mereka yang begitu aktif dalam beraktifitas, melainkan juga karena dunia mereka benar-benar menghabiskan banyak energi. Tak jarang banyak anak sakit karena kelebihan kegiatan namun asupan makanan yang kurang. Kadang orang tua meresa bingung bahkan sedih saat mereka menghadapi masalah pada anak mereka, salah satunya adalah anak yang susah makan.

Cara Mengatasi Nafsu Makan Anak Yang Berkurang
Cara Mengatasi Nafsu Makan Anak Yang Berkurang

Banyak faktor yang membuat nafsu makan anak jadi berkurang, bisa jadi salah satu sebabnya adalah karena sebagai orang tua mungkin Anda belum memahami menu favorit si kecil. Anak-anak sering kali susah saat dihadapkan dengan menu bergizi seperti sayuran atau bahkan ikan laut yang berprotein tinggi. Alsannya bermacam-macam, bisa jadi karena masakan Anda tidak enak, kurang menarik dan banyak lainnya.

Namun sebagai orang tua yang bijak kita tidak bisa menyalahkan anak begitu saja, sebagai orang tua kita harus menemukan solusi yang tepat agar si buah hati memiliki nafsu makan lagi. Dalam informasi kali ini kita akan berbagi informasi cara mengatasi nafsu makan anak yang berkurang, berikut ulasannya.

Baca juga : Bahaya MSG Dan Bahan Pengawet Bagi Ibu Hamil Dan Janin

  1. Sajikan makanan untuk si kecil dalam porsi kecil, hal ini dikarenakan anak cenderung menyukai makanan yang porsinya lebih sedikit, mereka lebih suka ngemil dibandingkan makan. Untuk itu berusahalah membuat porsi makanan dalam jumlah sedikit, bila si anak masih lapar Anda bisa mengambil porsi baru, lebih baik sedikit habis daripada banyak tidak habis, itu prinsipnya.
  2. Variasi makanan, dalam hal ini Anda sebagai orang tua terutama ibu harus cerdas dalam menyaajikan menu makanan. Buatlah variasi makanan dalam bentuk yang menarik, sajikan sayuran yang memiliki warna menarik dengan tambahan lauk bergizi yang membuat si anak lebih lahap saat makan.
  3. Jadikan saat makan adalah saat yang menyenangkan, sering kali orang tua menakuti si buah hati yang tidak mau makan, akhirnya mereka cenderung takut saat harus makan. Belum lagi karena paksaan yang membuat si anak bertambah enggan saat makan. Jadi berusahalah sabar dan mengerti kemauan anak, dengan demikian ciptakan waktu yang menyenangkan untuk anak disaat jam makan mereka.
Baca Juga  Cara Memarahi Anak Yang Baik

Demikian adalah informasi seputar cara menambah nafsu makan anak, semoga informasi kali ini menambah referensi baru untuk para ibu dan orang tua di rumah agar si buah hati mau makan dan menikmati momen saat makan.

Facebook Comments