Cara Mengatasi Anak Nakal

Sebagai orang tua, kita memiliki tugas yang tidak mudah. Kita memiliki kewajiban dimana kita harus bisa mendidik anak dengan baik. Kesalahan dalam mendidik anak bisa membuat kesalahan yang akan terjadi dimasa mendatang. Misalnya adalah ketika Anda tidak menegur anak Anda yang melakukan kesalahan karena tidak berdoa sebelum makan, maka ia akan mengulangi perbuatan tersebut. Mereka akan berpikir bahwa ketika makan tidak perlu berdoa terlebih dahulu.

Padahal berdoa sebelum makan merupakan tindakan yang terpuji, tindakan yang baik sebagai rasa syukur kita kepada Tuhan karena telah diberi nikmat dan bisa makan dengan enak.
Hal tersebut adalah contoh sederhana untuk mendidik anak dengan baik. Sekecil apapun yang Anda ajarkan kepada anak, mereka akan meniru bahkan menjadikan Anda sebagai idola mereka. Anak-anak sayang kepada kedua orang tuanya, sehingga mereka selalu menjadikan orang tua sebagai idola dan juga orang yang bisa dijadikan contoh.

Cara Mengatasi Anak Nakal
Cara Mengatasi Anak Nakal

Masalah yang ada adalah bagaimana jika kita memiliki anak yang nakal ? Hal ini tidak bisa kita hindari karena memang benar bila kita terkadang memiliki anak yang nakal, lalu bagaimana cara mengatasi anak nakal ? Anak nakal itu relatif, terkadang nakalnya anak masih bisa di toleransi, bahkan ada alasan yang menjadikan anak berbuat nakal.

Misalnya saja, mereka nakal dengan teman-teman mereka, mereka sering memukul dan berkata kasar pada teman-temannya. Jika Anda mau melakukan evaluasi, bisa jadi suami Anda sebagai ayah anak-anak pernah melakukan hal tersebut kepada anak-anak atau justru kepada Anda dan mereka melihatnya.
Karena anak sering kali mencontoh apapun yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Bila hal tersebut tidak didapat dari orang tua, bisa jadi dikarenakan lingkungan ataupun tontonan yang selama ini menjadi tontonan favorit mereka. Ada banyak hal yang bisa membuat anak-anak menjadi nakal. Mereka akan selalu mengalami perubahan psikologi dimana mereka akan mencari sesuatu hal yang baru dan selalu penasaran dengan apa yang baru saja mereka ketahui.

Baca Juga  Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Berikut ini adalah cara mengatasi anak nakal.
1. Dekatilah mereka, cari tahu mengapa mereka menjadi nakal
2. Pahami kondisi psikologinya kemudian Anda analisa apa saja yang membuat mereka nakal.
3. Beri pengertian yang baik bahwa apapun yang mereka lakukan tidak boleh menyakiti orang lain dan menjadi anak baik adalah kewajiban.
4. Dan yang terakhir selalu pantau anak Anda jangan biarkan mereka bergaul dengan lingkungan yang buruk yang bisa membuat sikap serta cara pikir mereka menjadi buruk.

Demikian adalah langkah mudah untuk mengatasi anak nakal, semoga Anda bisa lebih dekat dengan anak Anda dan menjadikan mereka sebagai anak yang baik.

Facebook Comments