Apakah itu MSG dan apakah berbahaya bagi tubuh? – MSG (Monosodium Glutamat atau Sodium Glutamat) adalah garam natrium berasal dari asam glutamat, asam ini merupakan salah satu dari asam amino non esensial yang paling berlimpah dan yang terbentuk secara alami. MSG ini mempunyai nomor E-E621 dengan kode HS29224220.

MSG ini umum digunakan dalam industri kuiner / makanan dijadikan sebagi penguat citra rasa makanan tersebut, karena zat ini memang memiiki fungsi untuk menyatukan, menyeimbangkan serta menyempurnakan dari persepsi total rasa lainnya. MSG ini terdiri dari sekumpulan kristal berwarna putih dengan bentuk kecil yang lebih dikenal sebagai penyedap makanan. Senyawa glutamat ini memang sangat penting di dalam sejarah bumbu rasa yang digunakan untuk makanan. MSG ini memiliki nama jual atau dagang, diantaranya seperti Ac’cent, Vetsin dan AjiNoMoto.

Sejarah MSG (Monosodium Glutamat)
Apakah itu MSG dan apakah berbahaya bagi tubuh? – Sejarah penemuan dari MSG ini berkaitan erat dengan seorang profesor asal negara sakura Jepang yang bernama Kikunae Ikeda. Kikunae adalah salah satu profesor dari Tokyo Imperial University, Jepang yang mengambil bidang kimia. Tokoh dari Jepang inilah yang pertama kali mengisolasi asam glutamat tersebut menjadi salah satu bahan rasa baru sekitar tahun 1908. Dari sejenis rumput laut atau ganggang laut yang disebut Kombu atau Laminaria Japonica melalui ekstraksi air serta kristalisasi. Selanjutnya rasa tersebut diberi nama umami yakni rasa khas dari MSG.

apakah itu msg dan apakah berbahaya bagi tubuh
Apakah itu MSG dan apakah berbahaya bagi tubuh?

Namun setelah diteliti kembali ternyata rasa tersebut berbeda dari kombu dan katsuobushi (kaldu Jepang). Berawal dari hal tersebut profesor Ikeda melakukan verifikasi penyebab dari rasa umami tersebut dengan mempelajari berbagai macam sifat rasa dari aram glutamat. Diantara berbagai garam tersebut ditemukan bahwa garam sodium glutamat merupakan garam yang paling mudah untuk dikristalkan, mudah larut serta memiliki rasa yang sedap.

Dari penemuan tersebut, maka Prof. Kikunae Ikeda menjadi orang pertama penemu senyawa kimia dan orang pertama yang berhasil menemukan serta memberikan rasa gurih atau umami pada tahun 1908. Selanjutnya Prof. Ikeda menamai produk temuannya ini dengan sebutan ”monosodium glutamat”, untuk kemudian mengajukan paten untuk memproduksi MSG tersebut dalam jumlah lebih banyak lagi. MSG temuannya terbukti membuat beberapa masakan menjadi lebih gurih dan lebih enak.

Produksi komersial dari MSG ini diproduksi pertama kali di dunia pada tahun 1909 oleh keluarga Suzuki. Produk MSG pertama ini dinamai Aji-No-Moto yang berasal dari bahasa Jepang dan memiliki arti ”intisari rasa”. Dari sinilah MSG mulai dikenal oleh masyarakat khususnya di bidang masakan, mengingat fungsinya yang memberikan rasa umami pada masakan. Namun seiring perkembangan zaman MSG mulai dipertanyakan dan diteliti ulang oleh para ahli mengenai Apakah itu MSG dan apakah berbahaya bagi tubuh? Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apakah MSG berbahaya bagi tubuh, simak hingga akhir!

MSG Berbahaya Bagi Tubuh – Penelitian Terbaru Dari Para Ahli
Apakah itu MSG dan apakah berbahaya bagi tubuh – Apakah MSG berdampak negatif pada kesehatan tubuh manusia? Jawaban singkat dari pertanyaan Anda adalah : Iya, MSG terbukti buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut penjelasan mengapa MSG buruk bagi tubuh dari berbagai penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli yang membuktikannya.

  • Pada tahun 2006 dalam percobaan dengan subjek binatang tikus, menunjukkan hasil dimana tikus yang mengkonsumsi MSG mengalami berbagai masalah kesehatan. Tikus tersebut mengalami kerusakan otak, kerusakan hati seteah mengkonsumsi MSG dengan dosis rendah yakni 4 mg/kg. Namun kerusakan tersebut masih dapat ditangani dengan mengkonsumsi vitamin C yang terdapat dalam buah atau makanan lainnya (Penelitian Farombi et al, pada tahun 2006).

  • Pada tahun 2008 dua tahun sesudah penelitian di atas, ditemukan lagi kenyataan yang memperkuat bahwa MSG memang berbahaya bagi tubuh. Penelitian studi ini masuk dalam Journal of Autommunology, yang menunjukkan hasil bahwa selain kerusakan otak dan hati, MSG juga memberikan konstribusi besar dalam kasus obesitas atau berat badan berlebih yang juga dilakukan pada model tikus (Penelitian Nakanishi et al, pada tahun 2008).

  • Pada tahun selanjutnya 2009, dikonfirmasikan bahwa MSG berperan atau berkonstribusi terhadap non-alcoholic fatty liver diseae atau kerusakan / penyakit hati berlemak tidak beralkohol (Penelitian Collison et al, pada tahun 2009).

  • Pada tahun 2011 berbagai bukti dari peneitian di atas semakin dikuatkan dengan ditemukannya MSG yang berkaitan erat dengan obesitas atau overweight (kelebihan berat badan) yang dilakukan dalam studi populasi di Negara Cina (Penelitian Xun et al, pada tahun 2011).

  • Masih pada tahun 2011, dampak SMG dalam kerusakan hati dikonfirmasi ulang dalam penelitian terbaru dengan model tikus, yakni mengenai efek jangka panjng dari pengkonsumsian MSG (Penelitian Bhattcharva et al, pada tahun 2011).

  • Penelitian di atas diperkuat dengan penelitian dengan masih menggunakan model tikus melalui studi histokimia. Terbukti hati tikus memang mengalami kerusakan dampak dari MSG (Penelitian Eweka et al, pada tahun 2011).

  • Pada tahun 2012 dengan menggunakan model yang berbeda dari penelitian sebelumnya, yakni menggunakan kucing. Studi kasus mengenai non-alcoholic fatty liver diseae atau kerusakan / penyakit hati berlemak tidak beralkohol non-alcoholic fatty liver diseaeatau kerusakan / penyakit hati berlemak tidak beralkohol yang mengunduksi bahaya atau efek samping dari MSG pada penyakit trans fatty-induksi (Penelitian Collison et al, pada tahun 2012).

  • Pada tahun 2013 MSG ini digunakan dalam percobaan, dengan hasil bahwa MSG menyebabkan kerusakan otak dan hati serta menghambat pengembangan saraf dalam tubuh secara tepat. (Penelitian Horvath et al, pada tahun 2013).

Demikian beberapa informasi mengenai apakah itu MSG dan apakah berbahaya bagi tubuh, baik dari sejarah MSG itu sendiri hingga penelitian terbaru yang menunjukkan bahaya nyata dari MSG yang buruk bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi para pembaca, jika sudah mengetahui bahayanya tentu lebih baik menghindari untuk tidak mengkonsumsinya terutama dalam jumlah banyak.

Summary
Apakah itu MSG dan Apakah Berbahaya Bagi Tubuh?
Article Name
Apakah itu MSG dan Apakah Berbahaya Bagi Tubuh?
Description
Apakah itu MSG dan Apakah Berbahaya Bagi Tubuh? MSG (Monosodium Glutamat atau Sodium Glutamat) adalah garam natrium berasal dari asam glutamat, asam ini merupakan salah satu dari asam amino non esensial yang paling berlimpah dan yang terbentuk secara alami
Author
Publisher Name
Tiara Food
Publisher Logo

SHARE

Tinggalkan Komentar