5 Pertolongan Saat Anak Demam

Bila si buah hati demam, pasti semua orang tua merasa khawatir akan kesehatan si anak. Namun perlu Anda ketahui bahwa demam adalah penyakit yang wajar, hal ini dikarenakan demam adalah kondisi dimana tubuh melakukan perlindungan terhadap serangan berbagai macam virus. Dalam kondisi ini biasanya badan anak panas dan bila si anak tidak tahan, maka akan menggigil kedinginan.

5 Pertolongan Saat Anak Demam
5 Pertolongan Saat Anak Demam

Nah untuk ibu dirumah, Anda bisa melakukan beberapa pertolongan bila buah hati mengalami demam, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk si buah hati.

  1. Anda harus mewaspadai gejala demam pada anak. Biasanya karena infeksi virus hingga menyebabkan anak lemah, dan tampak lesu. Biasanya anak mengalami batuk dan pilek. Bila anak mengalami panas tinggi kemudian dalam beberapa hari panas turun kemudian panas lagi, ini berarti anak Anda mengalami demam. Atau bisa juga Anda mengukur panas anak dengan menggunakan termometer saat dirasa si anak mengalami demam.
  2. Setelah mengetahui anak demam, Anda bisa mengompres buah hati dengan air hangat. Air hangat berguna untuk menurunkan panas tubuh. Disini yang perlu Anda ketahui adalah hindari pemakaian alkohol dan air dingin.
  3. Belilah termometer badan di apotek, hal ini berguna untuk mendeteksi suhu badan anak, sehingga Anda tahu kapan si anak mengalami demam. Anda bisa menggunakan termometer saat mengalami panas tubuh.
  4. Berikan air putih dalam jumlah banyak pada buah hati Anda agar cairan tersebut menurunkan suhu tubuh yang tinggi.
  5. Bila dirasa buah hati Anda mengalami demam tinggi, Anda bisa segara memeriksakan buah hati ke dokter untuk mendapat penanganan medis.
Baca Juga  Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Demikian adalah beberapa tips untuk Anda saat menolong buah hati dalam kondisi demam. Penanganan yang tepat dapat memberikan kesembuhan bai si buah hati. Semoga informasi mengenai 5 pertolongan saat anak demam bisa menjadi referensi bagi ibu-ibu dirumah, karena kesehatan buah hati adalah hal yang tak ternilai.

Facebook Comments